Reksadana

Reksadana adalah wadah yang digunakan sebagai salah satu alternatif berinvestasi bagi masyarakat pemodal dengan menghimpun dana dari para masyarakat pemodal yang memiliki tujuan investasi yang sama yang dapat berbentuk Perseroan Terbatas maupun Kontrak Investasi Kolektif yang selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek dengan tingkat resiko investasi yang berbagai ragam yang diikuti dengan tingkat imbal hasil investasi yang berbagai ragam pula yang pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi berdasarkan UU Pasar Modal.

SIAPAKAH MANAJER INVESTASI ?

Pihak yang mengelola Reksadana yang sebelum dapat menjalankan kegiatannya untuk mengelola suatu Reksadana harus sudah memperoleh ijin sebagai Manajer Investasi dari BAPEPAM.

MENGAPA REKSA DANA ?

Reksadana memberikan keuntungan bagi investor karena tidak perlu memonitor investasinya dalam Reksadana setiap saat karena pengelolaan investasinya sepenuhnya dikelola dan menjadi tanggung jawab dari Manajer Investasi, jenis-jenis Reksa Dana yang dapat disesuaikan dengan karakteristik investasi dari masing-masing investor dan tingkat imbal hasil investasi yang bebas pajak.

BAGAIMANA SEBAIKNYA MEMILIH MANAJER INVESTASI YANG BAIK ?

Pemilihan Manajer Investasi yang baik dapat dilakukan berdasarkan reputasi yang dimilikinya di Pasar Modal, pengalamannya di bidang Pasar Modal, dan kinerjanya dalam mengelola Reksa Dana pada periode-periode sebelumnya.

REKSADANA JENIS APA YANG HARUS DIPILIH ?

Sebelum menentukan jenis Reksadana yang harus dipilih, disarankan bagi para calon investor untuk terlebih dahulu mengenali karakteristik investasinya, seperti kebutuhan akan likuiditas, jangka waktu investasi, tingkat resiko dan tingkat imbal hasil investasi yang diinginkan.

JENIS JENIS REKSDANA

Reksadana Campuran adalah wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya di investasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan Manajemen Investasi , terutama kedalam produk investasi berupa saham dan Obligasi.

Reksadana Pasar Uang Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya diinvestasikan ke dalam produk investasi Pasar Uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia , Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, dan Obligasi jangka Pendek.

Reksadana Pendapatan Tetap adalah Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya di investasikan kedalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan Manajemen Investasi, terutama ka dalam produk investasi berpendapatan tetap, yaitu obligasi

Reksadana Saham adalah wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor dimana uang di dalamnya di investasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah perusahaan Manajemen Investasi, terutama kedalam produk investasi berupa saham.

SECARA UMUM, BAGAIMANA CARA MEMILIH REKSADANA ?

Yang dilakukan adalah sbb :

  1. Pilihlah jenis Reksadana yang ingin anda ambil, apakah yang memiliki resiko rendah, ataukah anda ingin yang return-nya tinggi walaupun resikonya tinggi.
  2. Setelah menentukan jenis Reksadana yang ingin anda ambil, pilihlah Produk Reksadana dari jenis Reksadana yang anda tentukan tadi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih produk Reksadana :

  • Return yang diberikan apakah bagus dan konsisten ?
  • Total dana yang dikelola
  • Lihat dan telitilah biaya-biaya yang dikenakan kepada Nasabah
  • Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, berapa lama wakturedemption sampai dengan dana nasabah good fund di rekening nasabah.

APAKAH REKSADANA DIAKUI OLEH PEMERINTAH ?

Semua Reksadana di Indonesia harus mendapat surat efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) yang bernaung di bawah Departemen Keuangan.

RESIKO APA SAJA YANG DIHADAPI OLEH INVESTOR DALAM BERINVESTASI DI REKSA DANA ?

Dalam pengelolaannya, Manajer Investasi diatur sesuai dengan UU Pasar Modal yang berlaku dan telah melakukan diversifikasi dalam investasinya namun demikian berinvestasi di Reksadana tidak berarti bebas dari resiko, resiko-resiko itu dapat berupa resiko pengelolaan mapun resiko-resiko yang dimiliki pada masing-masing instrument investasi yang ada.

APAKAH RETURN YANG TINGGI MENGGAMBARKAN REKSADANA TERSEBUT BAGUS ?

Ya, asal konsisten. Karena walaupun return-nya tinggi namun delta naik dan turunnya besar serta terlalu banyak fluktuasi adalah tidak bagus, karena biasanya yang banyak rugi adalah nasabah kecil. Namun apabila return tesrebut konsisten naik walaupun grafiknya landai, pastilah lebih disukai nasabah.

BAGAIMANA APABILA BANK KUSTODI SEBAGAI BANK KUSTODIAN TERSEBUT TERKENA LIKUIDASI ?

Apabila Bank Kustodi terkena likuidasi, maka dana nasabah akan tetap aman, karena dana tersebut bukan merupakan kekayaan dari Bank tetapi merupakan dana investor (pihak ketiga) yang diinvestasikan ke dalam portofolio. BAPEPAM akan menunjuk bank lain sebagai Bank Kustodian untuk menyimpan dana dari Reksadana tersebut.