Pensiun

Tua itu Pasti!!!

Sejahtera di Masa Tua itu Pilihan.

Setiap yang berawal pasti akan berakhir, termasuk pekerjaan. Berapapun usia anda saat ini dan berapa tahun pun masa kerja anda saat ini pasti akan menghadapi masa pensiun. Sudah Siapkah Anda?

Meski beberapa orang tidak perduli/cuek dengan datangnya masa pensiun, tetapi bagi sebagian orang pensiun menjadi sesuatu yang menakutkan. Sama halnya dengan kematian yang bagi sebagian orang seperti sebuah monster mengerikan.

Tragisnya banyak orang bahkan sebagian besar orang tidak siap menghadapi hari-hari Pensiun. Jangankan Siap, membicarakan atau membahas saja tidak pernah/tabu. Mungkin karena dianggap seperti halnya kematian sehingga ketika dibicarakan tidak menyenangkan, mereka biarkan berjalan apa adanya. Itulah mengapa banyak orang yang terkejut ketika telah sampai masa pensiun, karena memang tidak pernah dipersiapkan.

Beberapa hari yang lalu saya ketemu teman lama yang dulu pernah satu kantor namanya Pak Budi. Di situ terjadi obrolan yang sangat seru tentang cerita lama. Nah, setelah ngobrol beberapa saat saya baru tahu kalau kawan saya itu 3 tahun lagi memasuki masa pensiun.

Maka iseng-iseng saya bertanya: “Pak Budi maaf, apakah bapak sudah siap pensiun? Ketika pensiun nanti apa kegiatan Bapak?” Mendengar pertanyaan saya dia terkejut karena tidak terpikirkan sebelumnya. “Ya itulah, saya bingung pak. Sekarang saja sebelum pensiun penghasilan tidak mencukupi apalagi kalau nanti sudah tidak bekerja lagi. Kalau terpaksa ya kami pulang kampung.”

  • Apakah Pulang Kampung suatu Solusi ???
  • Apa yang akan di kerjakan di kampung???
  • Bagaimana untuk menyambung hidup atau mempertahankan hidup di kampung, apakah orang satu kampung akan menolong??? Tetap butuh dana walaupun tinggal di kampung…

Problem Keuangan, Problem Aktivitas dan Problem Kesehatan

Minimal ada 3 hal yang pasti dihadapi oleh mereka yang memasuki Masa Pensiun. Yaitu masalah keuangan, aktivitas, dan kesehatan. Masalah lain pasti ada, tapi cukuplah kita bahas 3 hal saja.

Problem Keuangan:

Orang yang pensiun pasti penghasilannya akan berkurang. Jumlah dan nilainya tidak sama dengan ketika masa aktif bekerja. Sementara kebutuhan hidupnya belum tentu berkurang. Di sisi lain, gaya hidup seseorang tidak semudah membalik tangan untuk dirubah. Mereka yang terlanjur konsumtif ketika masa aktif bekerja, lalu tiba-tiba incomenya berkurang ketika masa pensiun, akan sedikit kesulitan melakukan penyesuaian. Jika yang bersangkutan bisa, belum tentu keluarganya (anak dan istrinya) bisa mengikuti.

Problem Aktivitas:

Bisakah anda bayangkan orang yang setiap hari berangkat pagi pulang malam, lalu tiba-tiba dia tidak ada kegiatan? Sebutlah dia tidak memiliki masalah keuangan. Tapi apa enaknya jika setiap hari tidak ada pekerjaan? Tidak ada kesibukan?

Bayangkan jika orang itu adalah diri anda sendiri…

Bangun tidur misalnya bantu-bantu istri sedikit. Selesai itu baca koran, lalu dipanggil istri untuk sarapan. Selesai sarapan duduk di depan TV. Nonton TV, kalau bukan sinetron ya berita kriminal. Tiba-tiba sedikit mengantuk lalu tidur siang, dan seterusnya sampai ketemu malam hari lagi. Hampir 24 jam di dalam atau di teras rumah. Jika ini dilakukan sekali dua kali, sehari dua hari, itu nikmat-nikmat saja. Tapi bayangkan jika itu adalah menu setiap hari, dan akan berjalan bertahun-tahun. Tanpa tahu kapan akan berakhir, kapan ajal akan menjemput, pasti jenuh dan menciptakan masalah baru secara psikhologis. Jadi seakan-akan pensiun adalah kehidupan menunggu ajal.

Saya ada kawan yang telah pensiun dari perusahaan swasta 2 tahun yang lalu. Saat pensiun usianya baru 55 tahun. Setelah pensiun, aktivitasnya tidak berbeda jauh dengan yang saya gambarkan seperti di atas. Memang secara keuangan dia tidak terlalu masalah. Yang membuat saya terkejut adalah: Dia cepat sekali menjadi tua. Kulit wajah sudah kelihatan berkerut-kerut. Penampilannya turun drastis. Berbeda jauh dengan ketika 2 tahun yang lalu selagi masih aktif bekerja. Padahal fisiknya tidak melakukan pekerjaan berat seperti ketika masih aktif bekerja. Demikian pula dengan kesehatannya, dia sudah mulai mengeluh dengan penyakit-penyakit yang baru muncul belakangan ini.

Problem Kesehatan:

Ini masalah yang pasti akan dihadapi setiap orang yang pensiun. Baik memiliki masalah keuangan, atau tidak memiliki masalah keuangan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Ada yang karena ceroboh konsumsi makanan ketika masih aktif bekerja. Ada yang fisiknya (tenaganya) diforsir ketika masih aktif bekerja. Ada yang karena secara psokologis mengalami post power syndrome, sehingga kesehatannya menjadi korban. Jadilah ia sakit-sakitan. Tetapi yang pasti, usia semakin tua fisik menjadi lemah, organ-organ tubuh sudah kelelahan, jika sakit-sakitan itu wajar.

Yang sering terjadi justru lebih tragis lagi. Begitu pensiun, dihinggapi penyakit berat, lalu aset yang sudah bertahun-tahun dikumpulkan akhirnya dijual untuk membayar obat maupun rumah sakit. Meski sudah menghabiskan mobil dan rumahnya, penyakit belum juga kunjung sembuh, akhirnya ajal menjemput …

Siklus-Keuangan-dalam-Kehidupan

“3i Networks, PT AJ Central Asia Raya – Salim Group sebagai Solusi.

Saat ini adalah waktu yang paling tepat anda memulai mempersiapkan Masa Pensiun, tidak ada kata terlambat dalam hidup ini. Jika anda peduli dengan Hari Tua Anda, jika anda peduli dengan masa-masa pensiun yang panjang, maka inilah kesempatan terbaik bagi anda mempersiapkan masa pensiun dengan cara paling murah dan paling mudah, bersama :

“Gerakan sejuta orang Menabung Cerdas”